Soal tes (tulis) User

Pada tes tulis user, calon pekerja harus menyelesaikan serangkaian soal-soal yang menguji seberapa jauh pengetahuan berkaitan dengan posisi yang dilamar. Jika dalam tes tulis user ini, nilai kamu sesuai harapan mereka, maka kamu akan diteruskan untuk mengikuti tes berikutnya, apalagi kalau bukan wawancara user.

sumber gambar di sini
Ini merupakan pengalaman saya yang ke sekian kalinya tes user untuk posisi mechanical engineer, namun ini pertama kalinya tes (tulis) user di sebuah perusahaan EPC. Nah, untuk pembelajaran saya - dan juga para pembaca - saya akan berbagi soal-soal yang telah saya dapatkan pada perusahaan tersebut.

Soal-soal dibagi menjadi tiga topik : Struktur, termodinamika, dan sistem pemipaan.

Topik pertama (soal-soal yang berhubungan dengan struktur). 

Pada bagian ini, saya menghadapi soal yang berkaitan dengan diagram tegangan-regangan suatu bahan. Soal semacam ini banyak saya jumpai pada tes tulis user pada perusahaan-perusahaan sebelumya terutama perusahaan asing. 

Soal berikutnya adalah soal itung-itungan. Saya disuruh membuat diagram momen lendutan dan tegangan geser pada suatu balok yang diberi beban diatasnya. Untungnya, soal tersebut masih menggunakan perhitungan statis tertentu sehingga tidak perlu  perhitungan yang rumit.

Topik kedua

Pada topik kedua, terdapat dua soal yang berhubungan termodinamika terutama perpindahan panas. Kedua soal ini lebih menguji seberapa jauh pemahaman kamu.

Soal pertama adalah kita disuruh menentukan mana bejana yang lebih lama dalam memindahkan panas, bejana berbentuk bola atau silinder, dengan volume dan jari-jari yang sama. So, pastinya bejana yang memiliki luas penampang yang paling besarlah yang layak digunakan.

Soal kedua, Jika sebuah kulkas -di sebuah ruang terisolasi- dibuka, maka apa yang terjadi dengan ruangan tersebut, semakin panas atau dingin?. Pahami soal ini terlebih dahulu, jangan sampai terkecoh seperti pengalaman saya ini  ;)

Topik ketiga (sistem pemipaan)

Pada lembar ketiga, saya mendapati tujuh butir soal yang berkaitan dengan sistem pemipaan. Semuanya adalah soal teori. Soal-soalnya kira-kira begini gan,
  1. Gambarkan diagram pompa yang dirangkai seri dan paralel ! Apa syarat yang harus dipenuhi oleh pompa yang dirangkai seri dan paralel?
  2. Apa yang dimaksud dengan kavitasi dan water hamer? Jelaskan cara mengatasinya !
  3. Apa fungsi pemasangan flexible hose pada inlet/outlet pompa?
  4. Sebutkan macam-macam katup dan fungsinya?
  5. Sebuatkan input yang dibutuhkan dalam perhitungan pipa? 
  6. Sebutkan macam-macam sambungan pipa?
  7. Apa fungsi looping pada rangkaian pipa?
Nah, itu dia soal-soal tulis tersebut harus saya kerjakan dalam waktu dua jam. Dalam waktu segitu, rasanya kamu bisa menyelesaikan soal tersebut (entah benar atau tidak jawabannya yang penting selesai), sambil menikmati secangkir teh di waktu yang tersisa...

Jika kamu lolos dalam tes tulis ini, kamu akan dipanggil buat wawancara user. Atau beberapa perusahaan ada yang langsung mengadakan wawancara user buat nguji pengetahuan yang telah kamu tuangkan dalam ujian tadi.

Jika saya lulus tes tulis ini dan melanjutkan ke interview user, Insyaa Allah akan saya tambahkan lagi tulisan ini.

Semoga sharing saya bermanfaat.

Salam sukses

Postingan populer dari blog ini

Menggambar Teknik Mesin : Gambar Potongan Dasar

Teknik trim pada sampungan pipa dengan socket fitting

Hukum Hooke, Modulus Elastisitas, & Poison Ratio