Soal tes (tulis) User #2

Setelah saya menulis soal-soal yang diberikan dalam tes tulis kemampuan akademik pada perusahaan EPC untuk pertama kalinya, kini saya ingin berbagi lagi untuk yang ke-dua kalinya seputar pengalaman saya tas tulis pada perusahaan EPC lainnya. Perlu diketahui perusahaan EPC ini merupakan perusahaan asing asal Jepang, berbeda dengan sebelumnya.

Pada tes kali ini saya -yang melamar untuk posisi mechanical engineer- mendapatkan sepuluh butir soal yang kesemuanya merupakan soal itung-itungan yang rata-rata saya dapatkan pada semester-semester awal hingga pertengahan. So, singkatnya, ini merupakan tes yang menguji kemampuan kamu di bidang yang kamu lamar. 

Berikut ini soal-soal yang saya hadapi, dan saya akui, soal-soal ini agak sulit dibandingkan tes sebelumnya.


1. Selesaikan ingeral berikut

2. Selesaikan ingeral berikut

3. Berapa luas permukaan yang diasir dalam gambar di bawah ini


4. Sebuah gas terdapat dalam sebuah bejana tekan berbentuk silinder yang memiliki luas penampang x. Perbedaan temperatur gas tersebut adalah y derajat celcius. Jika diketahui konduktivitas thermal z W/mK, berapakah laju perpindahan panasnya

5. Sebuah lempeng baja memiliki luas penampang 20. Panjang lempeng tersebut 50. Perbedaan temperatur 80 C pada jarak 2M. Jika konduktivitas termal baja tersebut x W/mK, hitunglah laju perpindahan panasnya

6. Sebuah fluida mengalir dalam pipa berdiameter 150 mm dengan debit 0.08. Kemudian fluida tersebut melalui sebuah percabangan dengan diameter pipa 100 mm dan 50 mm. Jika diketahui laju fluida yang mengalir pada pipa diameter 50 adalah sekian, berapakah laju fluida yang mengalir pada pipa yang satu lagi

7. Tentukan masa jenis minyak pada gambar di bawah ini. (kedalaman oil diketahui)


8. Jika sebuah sumbat digunakan untuk menahan air disebuah bejana berisi air seperti gambar di bawah ini. Berapakah gaya gesek yang diperlukan sumbat tersebut


9. Sebuah benda dalam fluida digantungkan di tali seperti gambar di bawah ini. Jika diketahui massa benda, berat jenis benda dan fluida maka hitunglah tegangan tali



10. Diagram di bawah ini merupakan proses sebuah gas, hitunglah usaha yang dilakukan gas tersebut


Kesepuluh soal-soal tersebut harus saya selesaikan dalam waktu 90 menit. Beberapa soal yang saya lupa angkanya saya ganti dengan variabel namun tak banyak merubah inti dari soal tersebut koq.

Sebenarnya tidak cukup sulit, namun kerena waktunya mepet dengan jum'at-an membuat saya sedikit gugup dan tegesa-gesa sehingga ada soal yang terlewatkan.

Selamat mencoba

Postingan populer dari blog ini

Menggambar Teknik Mesin : Gambar Potongan Dasar

Teknik trim pada sampungan pipa dengan socket fitting

Hukum Hooke, Modulus Elastisitas, & Poison Ratio