Instal dual boot Windows dan Linux

Pengen berbagi tips seputar asam garam instalisasi dual boot OS (baca: Operating System) Windows dan Linux. Ceritanya bermula dari keinginan sata menggunakan OS yang lebih legal dan gratis, xixixi.

Ceritanya kamu udah instal OS windows 7, berhubung kapasitas harddisk masih banyak dan kamu pengen coba make OS linux


Jika memang demikian, oke kita langsung saja ikuti tips-tips berikut... 
  1. Langkah pertama sediakan partisi kosong buat instalisasi linux, baca di sini atau di sini
  2. Langkah kedua, jika berhasil maka ketika kamu menyalakan komputer mu, pasti akan ada tampilan dua pilihan OS (lihat gambar di bawah), Linux dan Windows. Cek Linux, kalau berhasil (dan kebanyakan berhasil) kamu bisa masuk ke OS linux dan Alhamdulillah. Setelah mengecek linux, restart dan cek Windows, kalau berhasil (tapi jarang nih) Alhamdulillah - dual OS siap digunakan - tapi pada beberapa kasus ada yang error muncul tulisan "Disk read error occured, press ctrl+alt+del ... " nah kalau udah gini mesti dibenerin tuh boot loader windowsnya, baca di sini
  3. Langkah ketiga, setelah dibenerin boot loadernya, kamu bisa masuk ke windows. Loh tapi, koq tampilan pilihan OS yang hilang?, ya karena boot loadernya pada langkah kedua direstart atau ditulis ulang jadi OS linux ga kebaca. untuk mengaktifkan tampilan pilihan OS, coba baca di sini.
Nah sekian (kumpulan) tips dari saya - yang sebenernya cuma copi paste dari tips2 lainnya, hehe, semoga bermanfaat. (kumpulan) tips ini berhasil membawa laptop saya menjadi dual boot, yaitu Windows Seven 32 bit dan Linux Mint 64 bit. Kalau ada pertanyaan jangan sungkan-sungkan. Jika bisa saya jawab, jika enggak saya tanyakan ke yang lebih ahli, haha.

Salam :-)

Postingan populer dari blog ini

Menggambar Teknik Mesin : Gambar Potongan Dasar

Teknik trim pada sampungan pipa dengan socket fitting

Hukum Hooke, Modulus Elastisitas, & Poison Ratio