Menambahkan widget jadwal sholat ke blog pribadi

Sholat salah satu perkara penting bagi setiap muslim. Urgensi sholat melebihi ibadah-ibadah yang lainnya bahkan hampir tidak ada udzur bagi setiap muslim untuk meninggalkan sholat meskipun tatkala sakit. Nah, Supaya aktifitas ngenet (baca : bloging) tidak melalaikan sobat dari perkara yang satu ini, ada baiknya sobat muslim memasang widget jadwal sholat ke dalam blog pribadi atau semacamnya.
Selamat membaca :)


Tak perlu pandai kode html untuk dapat menambahkan jadwal sholat ke dalam blog sobat. Cukup gunakan kode html yang sudah disediakan oleh saudara-saudara kita. Berikut ini 3 cara yang ane ketahui untuk memasang widget jadwal sholat ke dalam blog.



1.  Melalui Islamic finder
Buka situs http://www.islamicfinder.org/ kemudian arahkan cursor ke menu bar “Prayer Times” kemudian pilih “Add Prayer Times to Your Site”

Kemudian pilih opsi nomer 2, tentukan Negara lalu kotanya. Setelah itu setting widget sesuai keinginan kamu dan klik “Generate Code”. Setelah itu akan muncul code html yang bisa langsung sobat copas ke blogger masing-masing.

Kemudian akan diperoleh tampilan seperti ini


2.   Melalui al-habib.info
Cara yang ke dua lebih sederhana. Langsung saja buka http://www.al-habib.info/islamic-widget/prayer-times.htm kemudian ketikan lokasi kota yang ingin sobat dapatkan jadwal sholatnya. Di sini saya mengetikan kata “Malang”, dan secara otomatis akan muncul lokasi wilayahnya.

Kemudian klik GET WIDGET, Maka akan muncul opsi tampilan. Silahkan sobat utak-atik tampilan widget sesuai selera sobat. Jika sudah klik “BLOG ME” seperti gambar di bawah


Kemudian pilih copas Embed code dan masukan ke dalam blogger kamu, atau kamu juga bisa menambahkannya secara otomatis dengan meng-klik logo Blogger atau situs-situs lainnya. Dan hasilnya akan seperti ini...


3.  Melalui republika.co.id
Ini adalah cara yang paling mudah di antara cara-cara sebelumnya. Masuk saja ke situs http://www.republika.co.id/. Lihat pojok kanan atas, di sana terdapat widget jadwal solat “plus” code html di bawahnya. Sobat tinggal copas tuh code ke blogger. Sobat tidak perlu menyetting wilayahnya karena sudah terdapat pilihan tempat di widget tersebut. Namun sayang, wilayahnya terbatas untuk kota-kota besar.

Tampilan Lama

Tampilan Baru


Nah, bagaimana sobat muslim. Berminat buat nambahkan jadwal sholat ke blog sobat. Tunggu apa lagi, dapatkan pahala yang mengalir (insyaAllah) dari pengunjung yang siaga untuk sholat karena melihat widget yang sobat pasang.


Selamat mencoba :)

Tambahan (Update 7 januari 2013) :

Setelah mencari-cari lagi widget jadwal sholat yang praktis dan sederhana, akhirnya saya menemukan satu lagi website baik hati yang menyediakan widget jadwal sholat. Praktis karena kita tidak perlu men-setting terlebih dahulu, cukup salin kode dan tambahkan ke blog. Selain itu tampilannya pun sederhana dan dapat digunakan oleh pengunjung dari berbagai kota di Indonesia. Contohnya seperti yang sekarang saya pakai untuk blog ini. Coba lihat sidebar di kanan, sederhana bukan :)

Belum jelas diketahui siapa dalang dibalik penyedia situs ini, tidak dicantumkan identitas apapun. Namun masalah akurasi sobat dapat membandingkannya dengan tiga penyedia widget yang telah saya tulis sebelumnya maka hasilnya pun tak jauh berbeda. Selain itu, sobat juga dapat menambahkan kalender masehi-hijriah dan jadwal sholat dalam tampilan satu bulan penuh 'plus' waktu imsaknya. Fitur yang terakhir ini cocok untuk membantu aktivitas puasa di bulan suci. Langsung saja cek situsnya di sini

Postingan populer dari blog ini

Menggambar Teknik Mesin : Gambar Potongan Dasar

Teknik trim pada sampungan pipa dengan socket fitting

Hukum Hooke, Modulus Elastisitas, & Poison Ratio