Strezz Ditinjau dari Ilmu Teknik

“soal-soal ujian tadi sangat sulit, belum lagi TEKANAN dari pengawasnya, membuatku semakin STRESS...”
stress bisa disebabkan masalah psikis (dalam diri)
yang tak kuat terhadap tekanan dari luar
Ungkapan di atas memberikan kita gambaran mengenai istilah tekanan (pressure) dan tegangan (stress) secara psikologi. Ternyata tekanan dan tegangan dalam dunia teknik memiliki kesamaan loh dengan dunia psikologi. Apa sih kesamaannya? Untuk mengetahuinya lebih lanjut, mari kita telaah istilah tekanan dan tekanan secara ilmu fisika terlebih dahulu.
Tekanan dan tegangan adalah saudara kembar yang sekilas tak nampak perbedaan dari kedua istilah tersebut karena baik tekanan dan tegangan dalam ilmu fisika memiliki satuan yang sama yakni gaya persatuan luas atau N/m2 atau lazim disebut dengan pascal.

Hal ini sempat disinggung oleh Dosen.alm (semoga Allah memberi rahmat kepada beliau) saya sewaktu mengajar kuliah Sistem Tenaga Hidrolik. Menurut beliau, jika tekanan itu tidak mempunyai arah (besaran statis) maka tegangan mempunyai arah (besaran vektor). Yang namanya tekanan dari kata dasar “tekan” berarti adanya gaya tekan. Beda dengan tegangan yang sudah sering kita dengar dengan istilah tegangan tarik dan tegangan tekan. Contohnya lagi tekanan gas pada tabung LPG, tekanan itu disebabkan gaya gas yang menekan ke segala arah atau tidak mempunyai arah yang pasti. Berbeda dengan tegangan yang dalam kasus ini terdapat pada material tabung LPG itu sendiri. Pada material tabung tersebut bisa terjadi tegangan tekan maupun tarik.

Dari ilustrasi di atas dapat kita simpulkan perbedaaan antara keduanya adalah tekanan merupakan gaya eksternal yang bekerja pada satuan luas permukaan material sedangkan tegangan adalah gaya internal yang bekerja pada luas penampang dalam material. Tegangan juga dapat dianggap sebagai suatu respon resistif (perlawanan) internal dari suatu material terhadap tekanan eksternal yang diterapkan.[1]

ilustrasi  partkel gas dalam sebuah tempat tertutup memberikan tekanan gas 

Namun juga ada yang berpendapat bahwa tegangan (stress) biasa digunakan untuk properti/sifat pada struktur/mekanik sedangkan tekanan untuk properti termodinamika.[2]  Kalau dipikir-pikir benar juga koq, karena lebih lazim kita mendengar istilah “tekanan gas”  daripada “tegangan gas”,  istilah “tegangan material” lebih lazim kita dengar daripada “tekanan material”.

tegangan pada benda (komponen mesin motor)

Untuk memperjelas hubungannya dalam dunia psikologi, coba simak ilustrasi berikut sebuah fragmen kehidupan yang terdapat istilah tekanan dan tegangan di dalamnya.

...
“Oh tidak mereka terus meneror ku, mengancam ku, terus memberi TEKANAN-TEKANAN kepada ku”
...
“namun karena aku yakin Allah Maha Besar, ku serahkan semuanya kepada Allah. tawakal dan yakin Allah membebani cobaan kepada manusia sesuai dengan kemampuannya. aku takan STRESS karena keyakinan ku”
...
Dari ilustrasi di atas dapat dilihat kesamaannya bahwa yang namanya “tekanan” berasal dari luar, sedangkan “tegangan” berasal dari dalam sebagai perlawanan terhadap gaya luar. Semoga tulisan ini dapat menambah ilmu dan iman kita kawan. salam Biru Abang di dalam ukhuwah Islamiyah.

Catatan:
Tegangan listrik (voltage) dan tegangan permukaan (surface tension) adalah hal yang berbeda dengan topik ini

Postingan populer dari blog ini

Menggambar Teknik Mesin : Gambar Potongan Dasar

Teknik trim pada sampungan pipa dengan socket fitting

Hukum Hooke, Modulus Elastisitas, & Poison Ratio