Sambal Tumpang untuk Kuah Bubur


Ada tempe namun sayang sudah kelamaan disimpan, bakterinya jadi berkembang. Dibilang busuk "Bosok" hmmm, mungkin kurang tepat, karena memang tempe dibuat melalui proses fermentasi yang didalamnya terdapat proses pertumbuhan bakteri lactobacillus (lebih lanjut, agan-agan baca aja di wikipedia)

"... dibuat sambal tumpang saja" kata mas Danang mengungkapkan idenya.

ehmm, "sambal tumpang" sepertinya istilah tersebut masih asing di telinga saya. Sambal tumpang biasa digunakan sebagai kuah bubur. Sebelum memulai membuat sambal tumpang terlintas di benak saya bahwa sambal tersebut akan seperti kebanyakan sambal-sambal yang lainnya, kental dan sedikit berair atau encer. eh ternyata tidak. Bentuknya lebih mirip seperti sayur lodeh, mungkin karena sambal tersebut ditiriskan/diberi air santan dan memang nantinya ditujukan untuk kuahnya bubur.

Oke, ane coba memberikan pengalaman selama jadi asisten memasak, harap maklum bila tulisannya agak kacau balau :p

Untuk bahan-bahannya seperti berikut
1) 4 siung bawang putih
2) 2 siung bawang merah
3) 2 cabe rawit
4) 3 cabe merah panjang
5) ketumbar secukupnya
6) daun jeruk 2 lembar
7) tempe busuk
8) daun salam
9) kunyit
10) lengkuas
11) Sun Kara, Santan Kelapa
12) garam, gula
13) Bumbu penyedap

Cara pembuatannya: Bahan-bahan no 1-7 dimasukan secara bertahap ke wadah ulegkan untuk diuleg. Uleg sampai halus, sampai berubah bentuk seperti sambal.

kemudian tiriskan hasil ulegkan ke dalam panci yang diberi sedikit minyak goreng, nyalakan api sedang-sedang saja. sambil diaduk kita tambahkan pula bumbu-bumbu no 8-10 yang sebelumnya sudah dikupas sedikit agar cepat menyerap. aduk sampai baunya sudah tercium. masukan santan kelapa yang sudah dicampur air. aduk kembali hingga merata.

Tambahkan pula garam dan gula secukupnya sebagai pengganti mecin. Sebagai tambahan dapat pula kita masukan kaldu ayam bila tidak ada dapat menggunakan bumbu penyedap instan (opsional) seperti masako yah meski saya lebih menyukai untuk tidak menggunakannya. Oh ini ada tambahan spesial, dalam demo masak kali ini, kita juga memasukan Tahu (tofu) ke dalamnya. sip, hasilnya jadi seperti ini gan...

sambal tumpang dari tempe bosok + bonus tahu

kemudian dicampur ke dalam bubur sebagai kuah dan hasilnya dapat dilihat seperti di bawah ini....

saran penyajian :)

Bismillah, mari makan... :-P

Postingan populer dari blog ini

Menggambar Teknik Mesin : Gambar Potongan Dasar

Teknik trim pada sampungan pipa dengan socket fitting

Hukum Hooke, Modulus Elastisitas, & Poison Ratio