Naik Bus Hemat Malang-Bogor

Semenjak ane pindah omah ke bogor tahun lalu, pulang kampung terasa lebih jauh dari biasanya. Biasanya hanya sampe maospati (omah sebelumnya) sekarang harus terus sampai cibinong, jawa barat. Start dari kota Malang biasanya mempunyai dua rute untuk sampai jakarta. 

Rute pertama, melewati jalur bawah. Dari malang ke kota batu terus ke jombang, madiun, solo, semarang, terus lewat pantura sampai ke jakarte. 


Rute kedua, lewat jalur atas. Dari malang ke utara sampai ke surabaya, dari surabaya terus deh menelusuri jalur utara lewatin tuban sampai semarang rutenya sama dengan rute kedua.

Pertama kali ane nyoba pulang kampung dengan menggunakan bus Pahala Kencana yang menggunakan rute kedua. Budget yang ane keluarkan waktu itu Rp.245.000 dengan fasilitas makan di Rumah Makan + Snack (sepotong roti & mineral dalam kemasan gelas). Berangkat jam 14.00 dari terminal arjosari sampai di omah jam 12an, hampir 23 jam. 

Bus ini nampaknya langsung ke kota bogor lewat tol tapi karena TKP ane gak di kota bogornya tapi di kabupatennya, perbatasan dengan depok jadi ane turun di persimpangan jalan tol, untuk mencapai TKP harus nyampung angkot 2 kali. 

Jadi tarifmya angkot 2x + bus = 5000 + 245.000 = Rp 250.000, wow

Kedua kalinya ane nyoba pulang pake Bus langganan ane, Harapan Jaya (HJ). Kerena trayeknya kagak ada yang dari Malang, jadi harus transit dulu di Madiun. Melakukan perjalanan Malang –Madiun merupakan hal yang sudah biasa. Naik angkot ke terminal landungsari, nyambung Puspa Indah ke Jombang, dari Jombang (baca: ngrandu), nyambung bus ke Madiun (bisa pake Sumber Kencono atau Mira). Dari madiun kita naik bus HJ yang ke Bogor. 

Nah bus HJ kali ini ngelewatin Jl. Raya Bogor, ngelewatin simpang depok,  so ane bisa turun pas di jalan masuk omah ane. 


Tarif rute kedua murah gan, angkot+bus Puspa+ bus SK+ bus HJ = 2.500 + 14.000 + 10.000 + 120.000 = 146.500, jadi cukup bawa duit 150.000 udah bisa mulih sambil sedekah ke pengamen. Haha.

Tarif rute kedua itu lebih cepet kog gan, karena jadwal pemberangkatan bus HJ yang ke bogor jam 12 siang. Jadi agan haru siap start dari Malang jam 6 pagi (karena rata2 perjalanan Malang-Madiun 5 jam). Kalau perjalanan lancar agan bisa tiba di pasar rebo jam 6 pagi tapi kalau macet (biasanya di pantura daerah cirebon) bisa sampai jam 10 siang.

Klu naik kereta ane juga udah nyoba, tapi jarang2...  lebih nyaman naik bus. Klu naik kareta lama banget. Udah jalurnya cuma satu, yang melintas banyak. Jadi harus antre bro...  ane yang pernah naik kereta bisnis (senja singosari) harus rela ngantri bermenit-menit buat mempersilahkan sang esekutif melaju, apalagi klu naik ekonomi. Total waktu perjalanannya (kereta bisnis) hampir sama dengan bus, hampir 23 jam.

Klo agan2 ada yang punya pengalaman lain, monggo...
Semoga bermanfaat gan

Postingan populer dari blog ini

Menggambar Teknik Mesin : Gambar Potongan Dasar

Teknik trim pada sampungan pipa dengan socket fitting

Hukum Hooke, Modulus Elastisitas, & Poison Ratio