Mengemas Album Foto ke Video Kenangan

s134

Foto – foto lama berserakan dalam banyak album…. enaknya diapain ya???. hahai, saya bikin video klip saja. yup, gimana caranya?… hehe gampang gampang susah kug… berikut ini langkah yang pernah saya lakukan dalam membuat video klip dari beberapa foto-foto, dari foto jadul ampe yang terbaru… project ini saya kerjakan ketika saya mendapatkan amanah dalam dekorasi acara Halal bi halal KSR UB hari sabtu, tanggal 18 september 2010. Oke simak langkah2 berikut ini.




Pertama : Pindai dan Pilih
imageBanyak album yang beserakan. pilih lalu pindai ke komputer atau pindai ke komputer lalu pilih… pilih foto yang mau dijadikan video tentunya. saya memakai cara yang ke dua, pindai foto-fotonya ke komputer lalu dipilih-dipilih…. hehe. cara ini makan waktu yang lama. akhirnya empat ratusan foto terpindai sudah di komputer namun hanya sebagian yang terpilih untuk dijadikan video klip foto slide. bagian yang paling sulit di sini adalah ketika melepas foto dari albumya. tau album jadul yang menggunakan lem sebagai media perekat fotonya kan? yap, untuk melepaskan foto dari tempatnya musti hati2 karena jika tidak, foto bakal rusak. alhasil fotonya menjadi menggulung-gulung namun gambarnya masih bisa dipindai.

Kedua : Pilih musiknya
imageLanjutan dari yang pertama. setelah memilih foto kandidat yang bakal dikemaskan ke video foto slide, tentukan musik yang bakal digunakan untuk mengiringi slide foto video. di sini saya mengemas foto – foto tersebut dalam dua video slide jadi butuh dua musik. musik yang saya pilih adalah “Winder Waltz” musik instrumen dari Kitaro dan “Memorise” OST One Piece. Wnnder Waltz cocok untuk mengiringi video ketika menampilkan foto – foto kenangan jaman dulu sedangkan Memorise cocok untuk mengiringi video yang menampilkan foto – foto kenangan seluruh memori kegiatan dari yang paling lawas sampai ke yang paling anyar.
Ingat : Musik dan Foto harus sesuai dengan tema yang ingin kita kemas ke dalam video,

ketiga : Pake program Video Editing
 sonyuleadmmaker adobe 
 Program Video editing banyak macamnya. Seperti Ulead, Vegas, Adobe premier dan sebagainya…. di sini saya menggunakan program video editing standart bawaan Windows yakni Windows Movie Maker. dalam langkah ketiga ini, saya mempunyai beberapa tips. masukan dulu musik yang telah dipilih. coba dengarkan musik tersebut, lihat dan dengarkan dengan seksama ritme dan alurnya. kemudian pasang foto – fotonya disesuaikan dengan ritme dan alur musik tersebut. edit lama tampilan foto - foto disesuaikan denga ritme – ritmenya. dan foto – foto yang berkesan dapat ditaruh pada klimaks musik tersebut.

Keempat : Peh hampir finishing jeh…. ;pimage
ini yang terakhir sob. kamu bisa menambahkan tulisan – tulisan kayak author, pembuatnya, editingnya  siapa, musiknya apa, penjelasan – penjelasan, atau kata – kata mutiara, pesan dan kesan. anythink ok, yang penting jangan lupa tetap disesuaikan dengan ritme musiknya.
nah klu udah jadi hasilnya seperti ini…

Selamat mencoba.... ^^V

Postingan populer dari blog ini

Menggambar Teknik Mesin : Gambar Potongan Dasar

Teknik trim pada sampungan pipa dengan socket fitting

Hukum Hooke, Modulus Elastisitas, & Poison Ratio