Aplikasi Al-Qur'an Gratis untuk Komputer



 Beberapa waktu lalu saya mengunjungi Islamic Book Fair di Aula Skodam di Kota Malang. Ada satu stan yang menarik perhatian saya, di sana dijual sebuah software aplikasi murotal. Tidak sekedar mendengarkan suara murotal atau sekedar membaca Al Qur’an. Namun Kita bisa mendengarkan lantunan Al Qur’an sambil membaca ayatnya secara langsung. Beberapa fitur pun ditanamkan dalam aplikasi tersebut seperti terjemahan, tafsir, tanda baca atau tajwid, dan sebagainya.

Namun, ketertarikan saya memudar begitu mengetahui bahwa satu keping DVD berisi aplikasi mulia tersebut harus ditembus dengan harga lima puluh ribu rupiah. Yah... bukanlah harga yang mahal jika dibandingkan dengan isinya yang bagus. Tapi jika dilihat seksama terdapat copyrightnya bertuliskan bla bla di opening screennya.... bahkan ada yang bisa cuma diinstal di tiga komputer.  Kita pun harus berhadapan dengan subhat ketika ingin menggandakannya untuk teman” kita, meski dengan tujuan dakwah.

Tapi jangan khawatir, ada juga beberapa pihak yang berusaha mengembangkan aplikasi sejenis dengan gratis. Sepengetahuan saya, ada dua vendor yang mengembangkan aplikasi ini yakni Zekr Project dan KSU (King Saud University)

Zekr
Aplikasi ini pertama saya temukan pada Ubuntu Muslim Edition. Namun ternyata aplikasi ini tidak hanya dikembangkan untuk platfrom linux saja, namun juga untuk windows, dan machintos. Zekr merupakan aplikasi gratis yang sederhana untuk pengkajian atau pembelajar kitab suci Qur’an. Programnya dapat diunduh di www.zekr.org

 Ide utamanya adalah untuk membuat aplikasi seumum mungkin sehingga dapat menerima Islam dari sumber yang berbeda (http://zekr.org/wiki/Main_Page).


Tampilannya kurang familiar dengan mushaf yang biasanya berada di tangan kita dan programnya pun kurang stabil. Terbukti saya sering beberapa kali hweng ketika ingin me-reply. Itu dulu, gag tau kalau versi yang sekarang. Program ini pun ku tinggalkan..... 

Ayat

Beberapa waktu kemudian akhirnya kutemukan aplikasi yang dapat mengisi hati ku.. ciee. Program Ayat adalah situs Al Qur'an, dari King Saud University, yang bertujuan untuk menyediakan semua fitur Al Qur’an untuk komputer pribadi tanpa perlu koneksi ke Internet


 Untuk dapat mendengarkan lantunan murotal secara offline, kita diharuskan terlebih dahulu di http://quran.ksu.edu.sa/. Atau kita bisa mengunduh secara otomatis ketika mendengarkan suatu ayat. artinya pada saat anda sedang koneksi Internet mendengarkan suara qari sa'ad alghamidi surat al-waqiah,maka secara otomatis akan tersimpan satu surat bacaan tanpa perlu terhubung lagi ke Internet ketika anda ingin mendengarkannya lagi.
Ada beberapa pilihan yang bisa diunduh ketika kita mau mengunduh aplikasi ini. Aplikasi ini sudah terbundel dengan suara Qari dan kita bebas memilih Qari yang mana yang akan kita unduh. Jika sudah diunduh, kita pun tetap bisa menambahkan suara Qari lainnya. Saya memilih mengunduh aplikasi terbundel dengan suara Syaikh Al-Menshawy sebesar 680 MB. Setelah selesai diunduh dan diinstal saya pun bisa menambahkan suara Qari yang lainnya seperti Alfasy.
Untuk lebih jelasnya silahkan berkunjung dan lihat sendiri. Tak perlu khawatir akan bahasanya, karena tersedia 19 bahasa pilihan termasuk indonesia.

Kesimpulan
Dari segi tampilan Ayat lebih unggul dari pada Zekr, karena Ayat mengusung tampilan yang hampir serupa ketika kita membuka mushaf di tangan. Program Ayat juga lebih stabil daripada Zekr. Namun keunggulan program Ayat tersebut harus ditembus dengan ukuran filenya yang besar yakni 27 MB (Flat Version) hanya berisi program saja, jadi jika ingin tampilan gambar halaman Qur’an, terjemahan, tafsir, dan suara Qari harus mengunduh tambahannya di content pack.

Ok, selamat mengunduh dan mempelajari Al-Qur’an. :')

Postingan populer dari blog ini

Menggambar Teknik Mesin : Gambar Potongan Dasar

Teknik trim pada sampungan pipa dengan socket fitting

Hukum Hooke, Modulus Elastisitas, & Poison Ratio