Mika lampu motor, beli asli atau imitasi?

Artikel ini bukan untuk mengajak anda membeli onderdil palsu loh, namun cuma bijak saat membeli. 

Akan tetapi, lain halnya jika itu hanyalah sebuah aksesoris pelengkap seperti cerita saya berikut, anda dapat menggunakan komponen imitasi yang harganya relatif jauh lebih murah...

Perbedaan harga yang mencolok antara suku cadang asli (beli di dieler) dengan imitasi (beli di bengkel pinggir jalan) saya temui saat hendak mengganti cover lampu belakang sepeda motor merk revo yang pecah akibat kesalahan jasa pengiriman.


Pada saat itu, pihak jasa pengiriman menyarankan saya untuk mengganti (memperbaiki) cover lampu tersebut terlebih dahulu. Kemudian nota perbaikannya diberikan ke agen tersebut untuk penggantian kerugian.

Karena tak mau ribet, esok harinya saya langsung menuju ke dieler resmi terdekat...

Shock ketika mendengar harga komponen tersebut dari dieler resmi yang mematok harga sebesar 130.000 rupiah belum termasuk ongkos pasang 15.000, itupun harus pesan terlebih dahulu dan baru datang sekitar sebulan kemudian. 


"Seratus empat puluh lima ribu rupiah untuk mengganti sebuah plastik?" rasa penasaran ku yang terus mengusik ini membuat ku melakukan survey untuk yang terakhir kalinya di sebuah bengkel kecil di pinggir jalan, dan....


ku dapati hanya empat puluh lima ribu rupiah untuk mendapatkan penggantian layaknya yang dilakukan di dieler resmi...

Hanya bisa mengelus dada melihat perbedaan harga yang jomplang ini, berharap kejadian ini menjadi pelajaran yang berharga buat saya dan para pembaca di kemudian hari...

semoga bermanfaat & bijak dalam berbelanja :)


***Catatan tambahan (18 Agustus 2014)

Sekitar sebualan kemudian saya mengambil onderdil pesanan saya di bengkel resmi. Eh ternyata saya dikagetkan dengan sebuah kardus ukuran besar. Loh, ternyata belinya satu set lengkap se-lampu ratingnya.. batin saya.. pantes mahal...

Postingan populer dari blog ini

Menggambar Teknik Mesin : Gambar Potongan Dasar

Mengatasi Error Code 2,140,2 Printer Canon MP258

Teknik trim pada sampungan pipa dengan socket fitting